WELCOME TO JAIIANTII'S BLOG !

read please and give me ur comments !!!

Minggu, 09 Januari 2011

MANFAAT LAPORAN ARUS KAS


MANFAAT LAPORAN ARUS KAS
Informasi dalam laporan arus kas dapat membantu paa investor, kreditor, dan pihak lainnya menilai hal-hal berikut :
1.       Kemampuan entitas untuk menghasilkan arus kas di masa depan. Tujuan utama dari pelaporan keuangan adalah memberikn informasi yang akan memungkinkan untuk memprediksi jumlah, wkatu, dan ketidakpastian arus kas di masa depan. Dengan memeriksa hubungan antara pos-pos seperti penjualan dan arus kas bersih dari kegiatan operasi, atau arus kas bersih dari kegiatan operasi serta kenaikan atau penurunan kas, maka dimungkinkan untuk membuat prediksi yang lebih baik atas jumlah, waktu, dan ketidakpastian arus kas di masa depan, dibandingkan dengan jika menggunakan data dasar akrual.
2.       Kemampuan entitas untuk membayar dividen dan memenuhi kewajibannya. Secara sederhana, kas adalah hal yang penting. Jika perusahaan tidak mempunyai kas yang cukup, maka gaji karyawan tidak dapat dibayar, hutang tidak dapat dilunasi, dividen tidak dapat dibayar, dan peralatan tidak dapat dibeli. Laporan arus kas menunjukkan agaimana kas digunakan dan dari mana kas itu berasal. Karyawan, kreditor, pemegang saham, dan pelanggan memiliki kepentingan dengan laporan ini karena menunjukkan arus kas yang terjadi dalam perusahaan.
3.       Penyebab perbedaan antara laba besih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi. Angka laba bersih merupakan hal yang penting, karena memberikan informasi tenteng keberhasilan atau kegagalan sebuah perusahaan bisnis dari suatu periode ke periode lainnya. Namun beberapa orang telah menyatakan kritik atas laba bersih menurut dasar akrual karena harus membuat estimasi untuk mendapatkn angka laba bersih sering diragukan. Hal ini tidak akan terjadi dengan kas. Jadi, seperti digambarkan dalam cerita pembuka, para pembaca laporan keuangan akan mendapatkan manfaat dengan mengetahui penyebab perbedaan antara laba bersih dan arus kas bersih dari kegiatan operasi. Kemudian mereka dapat menilai reliabilitas angka laba itu.
4.       Transaksi investasi dan pembiayaan yang elibatkan kas dan nonkas selama satu periode. Dengan memeriksa kegiatan investasi perusahaan(pembelian dan penjualan aktiva selain dari produknya) dan kegiatan pembiayaan (peminjaman dan pelunasan pinjaman, investasi oleh pemilik, dan distribusi kepada pemilik), seorang pembaca laporan keuangan dapat memahami dengan baik mengapa aktiva dab kewajiban bertambah atau berkurang selama satu periode. Sebagai contoh, pertanyaan-pertanyaan berikut mungkin dapat terjawab :
1.       Bagaimana kas dapat meningkat pabila terjadi rugi bersih selama satu periode?
2.       Bagimana hasil penerbitan obligasi digunakan?
3.       Bagaimana perluasan pabrik dan peralatan dibiayai?
4.       Mengapa dividen tidak ditingkatkan?
5.       Bagaimana pelunasan hutang tercapai?
6.       Berapa jumlah uang yang dipinjam sepanjang tahun berjalan?
7.       Apakah arus kas lebih besar atau lebih kecil daripada laba bersih?

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai kas , silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/986/1/21207491.pdf semoga bermanfaat yaa :)

    BalasHapus